Tanggal Posting : 2019-04-18

Bupati Melantik Majelis Kode Etik ASN

Pelantikan Majelis Kode Etik ASN (MKE-ASN) oleh Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, MH.,dilaksanakan pada hari Senin, 15 April 2019 dilapangan upacara Kantor Daerah.

Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, MH.,menjelaskan bahwa pembentukan Majelis Kode Etik ASN sesuai ketentuan UU yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan jajaran ASN.

"Sebab kalau ada jajaran ASN yang kurang disiplin atau tidak disiplin itu akan ditindak dan dibina oleh Majelis Kode Etik" tegas Bupati Ramlan

Lanjut Bupati Ramlan, hal tersebut memang diperuntukkan untuk pembinaan dan tindakan bagi ASN yang tidak patuh pada aturan.

Tujuan kedua dari pembentukan MKE-ASN ini diharapkan agar ASN yang ada bisa meningkatkan kualitas kerja, kinerja dalam memberi pelayanan kepada masyarakat bisa lebih berbobot.

"Yang kita cegah disini jangan sampai masyarakat lebih pintar dari pada ASN atau orang yang dilayani lebih pintar dari orang yang melayani sehingga sangat dibutuhkan kedisiplinan dan peningkatan kualitas SDM supaya mampu melakukan pelayanan terbaik" jelas Bupati

Secara tehnis sesuai keterangan Sekda Mamasa, Ardiansyah, S.STP., Majelis Kode Etik memiliki kewenangan untuk memanggil ASN yang patut diduga melakukan pelanggaran kode etik yang didalamnya ada pelanggaran-pelanggaran disiplin.

"Secara tehnis, setelah dipanggil itu akan dilakukan sidang oleh Majelis. Yang bersangkutan (ASN,Red.) akan memberi pembelaan apa penyebab dia melakukan pelanggaran-pelanggaran kode etik dan pelanggaran disiplin" terang Sekda Ardiansyah.

Lanjutnya, dari sidang MKE-ASN akan ada rekomendasi Majelis tentu akan berbeda-beda tergantung dengan jenis-jenis atau beratnya pelanggaran ASN tersebut. Rekomendasi tersebut nantinya diserahkan pada yang berwenang secara berjenjang apakah itu eselon IV, eselon III, Eselon II sesuai dengan kewenangan mereka dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Displin ASN untuk memberikan sanksi. Apabila rekomemdasi itu tidak ditindaklanjuti pejabat yang berwenang atau pejabat eselen yang mempunyai kewenangan hukum tapi tidak menghukum atau tidak memberi sanksi sesuai rekomendasi maka pejabat tersebut yang akan dipanggil oleh Majelis Kode Etik.

Selanjutnya kata Sekda, MKE-ASN terdiri dari Sekda, Inspektur Daerah, Kasatpol PP, Asisiten III, Kepala BKPP, Kabag Hukum dan Kabid yang membidangi disiplin ASN BKPP.
Selamat Datang
Sambutan Kepala Badan

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat, rahmat dan ridho-Nya jualah akhirnya website resmi BKDD MAMASA dapat dilaunching dengan tampilan dan fitur pemerintahan dengan domain www.bkdd.mamasakab.go.id., Kita ketahui bersama bahwa di jaman ini, internet telah memberikan perubahan secara revolusioner terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Melalui internet, .... ...

Video
lagu mamasa
Pengumuman/Info Penting
05-03-2019 - Bintek Aplikasi di Makassar

Pegawai Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan

05-03-2019 - Rapat Kegiatan Hari ULTAH Mamasa

Di harapkan ANS datang ke Kantor Bupati Ruang Aula

Kegiatan Pegawai BKPP

Klik Untuk Lihat Foto-foto

Kontak Kantor :
Alamat : Kompleks Perumahan Pemda Dengen, Kabupaten Mamasa Sulbar
Email : info@bkpp.mamasakab.go.id
Telepon : 0428-2841016 / 2841017
Dapatkan Kami di :
  Facebook
  Youtube